News

Gangguan Kepribadian Ambang (BORDERLINE PERSONALITY DISORDER)

Apa Itu Gangguan Kepribadian?

Gangguan kepribadian adalah suatu kondisi psikiatri yang ditandai oleh adanya pola pikir dan perilaku yang maladaptif, kaku, dan bersifat kronik (lama) yang mempengaruhi cara seseorang berpikir, berprilaku, dan mengolah perasaan.

Gambaran yang paling menonjol yaitu efek negatif yang terlihat pada pola sosialisasi penderitanya.

4 Gambaran Utama Gangguan Kepribadian

  • Pola pikir yang salah
  • Respon emosional yang bermasalah
  • Kontrol impuls yang berlebih atau malah kurang
  • Masalah bersosialisasi

*Untuk menyatakan seseorang memiliki gangguan kepribadian, setidaknya ia harus memenuhi 2 dari 4 gambaran utama ini.

Ciri Khas Orang Dengan Gangguan Kepribadian Ambang

  1. Orang dengan Gangguan Kepribadian Ambang cenderung merasakan emosi dan mood yg begitu kuat dan tidak stabil, yang seringkali berubah-ubah secara cepat.
  2. Mereka sering mengalami kesulitan dalam menenangkan diri ketika merasa sedih, sehingga mereka sering meluapkan kemarahan dan berperilaku impulsif (seperti menyalahgunakan obat-obatan, perilaku seksual yg berisiko, melukai diri, atau berfoya-foya).
  3. Perilaku ini dijadikan sebagai solusi jangka pendek untuk menenangkan diri  namun akan membahayakan diri untuk jangka waktu lama.

“SEMUANYA BAIK” ATAU “SEMUANYA BURUK”

Orang dengan Gangguan Kepribadian Ambang cenderung memandang dunia secara hitam-putih (pola pikir all-or-nothing).

Kecenderungan ini membuat mereka mudah salah menginterpretasikan motivasi dan tindakan orang lain. Akibatnya dapat timbul reaksi emosional yang kuat, yang membuat mereka kesulitan mengolah emosi tersebut.

Akhirnya penderita akan mengalami distres hebat yang seringkali sulit dikontrol dan berujung pada perilaku merusak diri sebagai bentuk pertahanan. Tingkat emosional yg intens ini, disertai dengan kesulitan dalam mengolah emosi inilah yang akan berujung pada tindakan-tindakan impulsif.

Leave a Comment